Gara-gara kalah main Catur, Supir Taksi dibuat bingung…

Catur dikenal sebagai olahraga asah otak yang sangat menarik, dan jika catur dipelajari dan diselami banyak hal-hal yang menakjubkan dan mengagumkan yang tersurat maupun yang tersirat didalamnya diantaranya seni :”perang”, penggunaan logika, psikologis pemain, seni menggunakan taktik strategi, keindahan kombinasi serta kandungan-kandungan makna filosofis.. Hal-hal menarik tidak hanya didalam catur iseperti yang disebutkan tadi, namun juga sisi-lainnya termasuk juga sejarah catur, kisah-kisah dan pengalaman turnamen, serta pengalaman pecatur yang kadang terjadi baik didalam pertandingan maupun diluar pertandingan sudah selesai, silahkan dnikmati salah satu kisah pengalaman unik seorang pecatur berikut ini….

Ada satu kisah pengalaman yang cukup unik.dari seorang teman yang kebetulan seorang pecatur..Kisah ini diceritakan kepada saya sudah lebih 10 tahun yang lalu, tapi masih berkesan. mengingat reaksi saya saat itu.Kisah itu coba saya bagikan kepada pembaca dalam tulisan berikut ini.

Suatu hari teman saya seeorang pecatur yang cukup senior menceritakan kisah pengalamannya mengikuti suatu turnamen catu disuatu kota. Dalam suatu babak ia menghadapi seorang lawan yang cukup tangguh. Pertandingan berlangsung begitu seru dan lama, dan pada suatu kesempatan ia dihadapkan pada pilihan untuk melangkahkan kudanya apakah akan melangkahkan ke sebelah kiri atau sebelah kanan ?! sebuah pilihan langkah yang ia pikir saat itu sangat menentukan.

Setelah berpikir agak lama iapun memutuskan menjalankan kudanya ke sebelah kiri, namun setelah melangkahkan kuda tersebut ia baru sadar bahwa ia telah melakukan langkah blunder, alias langkah yang salah fatal. Sehingga lawanpun memperoleh keuntungan dari kesalahan itu dan berhasil mengalahkannya.

Setelah merobohkan rajanya tanda menerima kalah dan berjabat tangan dengan sang lawan, iapun masihduduk termenung diatas meja catur menyesali langkahnya yang salah dan mencoba melakukan analisa langkah, ternyata ia menemukan kalau saja ia menjalankan kudanya ke sisi kanan maka ia seharusnya yang memenagkan pertandingan. Wah salah jalan rupanya !..

Setelah itu ia pun bergegas keluar gedung pertandingan dan pulang ke pemondokan, iapun menumpang sebuah taxi dan duduk disebelah supir taxi. Taxipun meluncurm namun sepanjang perjalanan ia masih saja termenung memikirkan kekalahannya, akibat terlalu terkesan dengan kekalahannya itu, dan masih menyesali langkah yang salah. Tiba-tiba tanpa sadar dan tanpa sengaja spontan mulutnya berucap : “Waduh salah jalan !”.

Mendengar ucapannya itu sang sopir taxiyang berada sangat dekat disebelahnya terkejut dan segera menghentikan taxinya, lalu ia menoleh ke sang pecatur iapun bertanya dengan nada agak marah :: “Salah jalan bagaimana pak ? inikan jalan yang benar menuju ke pemondokan bapak !”

Owww…betapa malunya teman saya saat itu, iapun meminta maaf kepada sopir taxi dan menjelaskan kesalahpahaman, syukurlah sopir taxi menerima penjelasan sambil tersenyum. Begitu juga saya pun ikut tersenyum mendengar kisahnya. Wah rupanya ketidakmampuan melupakan kekalahan alias gagal move on bisa menimbulkan masalah baru lagi he.he…

Previous post Terima kasih “Dewa Kipas”
Next post Sejarah Catur : Sebuah permintaan hadiah yang diremehkan sang Raja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *