Berapa banyak seharusnya anda minum air setiap hari ?

Air adalah kebutuhan yang sangat penting agar   kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Yang menjadi pertanyaan apakah kita telah mengkonsumsi air minum  dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Berapa banyak seharusnya minum air setiap hari ? berikut ulasannya.

1. Berapa liter air  yang direkomendasikan untuk kita minum setiap hari?

Dari berbagai studi yang dilakukan selama bertahun-tahun didapatkan banyak rekomendasi. Akan tetapi  kebutuhan air seseorang  sangat bergantung pada beberapa  faktor diantaranya : Faktor kesehatan seseorang, aktivitas sehari-hari yang dilakukan  dan di  mana ia tinggal (iklim).

Tidak ada satu standard yang pasti cocok untuk diterapkan untuk semua orang. Namun dengan mengetahui secara jelas tentang kebutuhan tubuh kita akan cairan akan membantu kita untuk memperkirakan seberapa banyak air yang harus kita minum setiap harinya.

2. Manfaat air bagi kesehatan

Air memiliki  bobot sekitar 50% sampai 70% dari berat tubuh kita. Manusia sangatlah bergantung pada air untuk dapat bertahan hidup. Setiap sel, jaringan dan organ yang berada didalam tubuh kita membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik.

Air mengeluarkan limbah tubuh melalui pembuangan air kecil, keluarnya keringat dan buang air besar,

Air juga membantu menjaga kenormalan suhu tubuh

Sebagai pelumas dan bantalan sendi

Melindungi jaringan sensitif

Apabila konsumsi air kurang akan  menyebabkan kondisi dehidrasi, yang menyebabkan gangguan fungsi tubuh yg tidak berjalan normal. Dehidrasi bisa  menguras energi dan membuat Anda lelah.

Setiap hari air keluar dari tubuh kita melalui napas, keringat, urin, dan buang air besar. Untuk menjaga agar tubuh tetap berfungsi baik, kita harus menjaga  persediaan air dalam tubuh  dengan mengonsumsi minuman maupun makanan yang mengandung air.

3. Berapa banyak cairan yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa sehat yang tinggal di daerah yang beriklim sedang?

Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menyatakan  :

Untuk pria sekitar 15,5 cangkir setara dengan 3,7 liter cairan/perhari

Untuk wanita sekitar 11,5 cangkir seara 2,7 liter cairan sehari

Rekomendasi ini meliputi cairan dari air, minuman lain dan dari makanan.

4. Pendapat tentang anjuran agar minum 8 gelas sehari

Mungkin pernah mendengar anjuran agar minum delapan gelas air sehari, adalah anjuran yang logis.

Banyak orang sehat dapat tetap terhidrasi dengan minum air dan cairan lain pada saat mereka merasa haus. Sebagian orang mungkin saja sudah cukup dengan mengkonsumsi cairan kurang dari delapan gelas sehari namun sebagian yang lain mungkin membutuhkan lebih dari delapan gelas.

Beberapa faktor yang mendasari anda untuk mengubah jumlah asupan cairan total :

Olahraga. apabila anda melakukan aktivitas yang membuat tubuh banyak berkeringat, maka anda perlu minum air ekstra untuk menutupi kehilangan cairan. Sangat penting untuk minum air sebelum, selama dan setelah berolahraga.

Lingkungan. Cuaca yang panas atau lembab dapat menyebabkan anda berkeringat dan untuk itu membutuhkan cairan tambahan. Dehidrasi dapat pula terjadi di dataran tinggi.

Kondisi kesehatan secara menyeluruh. Tubuh Anda dapat kehilangan cairan pada kondisi sakit seperti saat Anda demam, muntah, atau diare. Minum air lebih banyak atau mengikuti rekomendasidari dokter untuk minum larutan rehidrasi oral. Kondisi lain yang mungkin memerlukan peningkatan asupan cairan termasuk kondisi mengalami infeksi kandung kemih dan batu saluran kemih.

Kondisi pada saat kehamilan dan menyusui. Jika Anda pada kondisi hamil atau menyusui, anda mungkin memerlukan cairan tambahan untuk tetap terhidrasi.

Apakah air adalah satu-satunya pilihan untuk tetap terhidrasi?

Tidak. Air tidak menjadi satu-satunya yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Makanan bisa juga memberikan porsi yang signifikan. Seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, seperti semangka dan bayam, hampir 100% berat airnya.

Disamping itu meminum minuman seperti susu, jus dan teh yang sebagian besar terdiri dari air. Termasuk minuman berkafein – seperti kopi dan soda – juga berkontribusi untuk asupan air harian anda. Tapi perlu membatasi dengan minuman yang dimaniskan dengan gula, minuman energi dan minuman manis lainnya biasanya mengandung banyak gula tambahan, yang dapat memberikan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan.

Bagaimana mengetahui bahwa anda telah cukup dalam mengkonsumsi air minum ?

Asupan cairan anda mungkin cukup jika : Anda jarang merasa haus dan Urin Anda tidak berwarna atau kuning muda

Dokter atau ahli diet dapat membantu anda menentukan jumlah air yang tepat untuk Anda setiap hari.

Untuk mencegah dehidrasi dan memastikan tubuh Anda memiliki cairan yang dibutuhkan, jadikan air sebagai minuman pilihan Anda. Sebaiknya minum segelas air:

Setiap kali makan dan di antara waktu makan

Sebelum, selama dan setelah berolahraga

Jika Anda merasa haus

Haruskah saya khawatir tentang minum terlalu banyak air?

Bagi orang dewasa yang sehat dan bergizi baik minum terlalu banyak air jarang menjadi masalah . Seorang atlet kadang-kadang mungkin minum terlalu banyak air sebagai upaya untuk mencegah dehidrasi selama latihan yang lama atau intens. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda tidak bisa membuang kelebihan air. Kandungan natrium darah Anda menjadi encer. Ini disebut hiponatremia dan bisa mengancam jiwa.

Previous post Debat vs Main Catur
Next post Alif Ba Ta sang Gitaris AJaib dari Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *