Abu Nawas, Sejarah hidup Tokoh Pujangga yang Cerdas Jenaka

Abu Nawas, sebuah nama yang hampir semua orang mengenalnya setidaknya pernah mendengarnya. Yang ada dalam bayangan ketika mendengar nama itu adalah sejarah dan kisah dari tokoh jenaka yang sangat cerdas dalam menemukan solusi permasalahan termasuk tantangan dari seorang raja besar Khalifah Harun Al Rasyid dengan cara yang arif, unik, cerdas, jenaka dan bijaksana.

Sebelum coba mengurai makna kisah-kisah jenaka dari pujangga Abu Nawas ini, ada baiknya jika lebih mengenal lebih jauh siapa sosok tokoh besar dari negeri malam ini,

Dari berbagai riwayat terkait dengan biografi beliau disebutkan Abu Nawas mempunyai nama lemgkap yaitu Abu Ali Al Hasan ibn Hani Al-Hakami, ada juga yang menyebut dengan nama Abu Nuwas, beliau dilahirkan pada tahun 747 M.

Abu Nawas merupakan anak yatim yang terlahir dikota Ahvas , (Iran). Akan tetapi setelah ayahnya meninggal Abu Nawas kemudian dibawa ibunya untuk pergi kekota Basra (Irak). Abu Nawas belajar berbagai ilmu di antaranya ilmu Al-Qur’an, sastra Arab, ilmu hadits, dan memperdalam ilmu agama.

Abu Nawas belajar ilmu tata bahasa dengan seorang guru bernama Walibah ibn Habib Al-Asad yang membimbingnya agar dapat menggunakan bahasa yang lebih halus dalam berkomunikasi dan beliau selanjutnya berpindah ke Kufah untuk belajar dengan orang-orang arab.

Dengan ilmu yang dia dapatkan Abu Nawas banyak di kenal diantarnya karena pandai membuat karya puisi yang lucu dan jenaka yang di sukai banyak orang. Banyak karya yang di hasilkan yang banyak di sukai di antaranya puisi yang bertema padang pasir dan tema lainnya.

Kisah Pertaubatan Abu Nawas

Di masa mudanya yang kelam dituangkannya dalam karya syair yg dibuatnya, apat diketahui dari Abu Nawas memiliki kebiasaan buruk senang berhura-hura dan berpesta pora, menyukai dunia malam dan bermabuk-mabukan. Walaupun sebenernya Abu Nawas walaupun beliau telah belajar tentang ilmu agama namun sebagai manusia terdapat kelemahan yang membuatnya tergoda dan tergelincir kedalam lembah kemaksiatan.

Pengalaman masa muda yang kelam dapat pula diketahui dari syair-syair karyanya, bercerita tentang minuman, cinta, wanita dan lain sebagainya. Abu Nawas seorang pemabuk namun Abu Nawas mempunyai kecerdasan, jenius dalam menciptakan syair yang luar biasa membuat kagum banyak orang.

Namun suatu ketika Abu Nawas membawakan puisi tentang Kafilah Bani Mudhar, namun isi puisinya membuat sang Khalifah murka. Karena peristiwa itu Abu Nawas harus mendekam di penjara. Ketika dipenjara Abu Nawas bertekad untuk bertaubat sehingga puisi karyanya berubah menjadi bernuansa religius. Puisi yang Abu Nawas buat bertema hal yang berhubungan dengan ajaran agama yang membawanya pada ketenangan hatinya.

Dunia Sastra Abu Nawas

Dunia sastra Arab dan persia memiliki sastrawan-sastrabawan besar dan Abu Nawas dikenal sebagai salah satu sastrawan Arab terbesar, yang memiliki banyak karya sastra termasuk sastra dalam bentuk mu’amma.Banyak karya yang Abu Nawas di antaranya tentang kehidupan kota dengan tema utamanya yaitu anggur, cinta, perburuan, kebebasan dan lain sebagainya.

Abu Nawas di jadikan pembaharuan puisis Arab yang pada saat itu pada masa Bani Umayah (661-750). Karena hal ini di anggap penting sebagai seniman, yang menjadikan puisi untuk menuangkan ekspresi.

Dari sekelumit kisah perjalanan hidup beliau dapat kita coba tarik pelajaran, bagamana seorang cerdas yang terdidik dalam agama dimasa mudanya namun lingkungan dan pergaulan yang tidak baik membuatnya terperosok kedalam lembah kemaksiatan, namun Allah menunjukkan kasih sayangnya kepada hambanya untuk kembali kejalanNYA.

Ilmu bahasa sastra yang ia dapatkan dari gurunya membuatnya pandai berkata-kata, bersyair dan membuat puisi yang memukau menyentuh hati namun bisa juga menjadi suatu yang menyinggung perasaan orang-orang yang tak berkenan walaupun yang disampaikan adalah kebenaran.

Keagungan karya Abu Nawas banyak dipuja namun juga mengantarkannya ke penjara tempatnya menerima hikmah yang luar biasa yaitu sebuah pertaubatan, sebagai sebuah skenario Allah SWT yang begitu besar rahmat kasih sayang yang dilimpahkan kepada hambahNYA.

Alif Ba Ta Previous post Alif Ba Ta, Gitaris Ajaib, Gitaris Fingerstyle Hebat : Legenda Hidup Yang Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *