kemahiran BERBAHASA INDONESIA

April 13, 2017

Kemahiran BERBAHASA INDONESIA.
Terampil Menulis Karya Ilmiah & Ilmiah populer.

Penulis : Abdul Wachid B.S., S.S., M.Hum.
dan Heru Kurniawan,S.Pd.,M.Hum.;

Editor   : Arif Hidayat,S.Pd.,M.hum.;

cet. III-Purwokerto,kaldera press,Februari 2015;

Halaman : Xv+352;16 x 24 cm.

Buku ini merupakan buku ajar yang membahas teori-teori kebahasaan  kepenulisan mulai dari konsep dan teori mengenai ejaan , kata , frasa , klausa, kalimat , paragraf, sampai menulis karya ilmiah dan ilmiah populer. Materi buku ini , mengacu pada aspek teorisasi kebahasaaan dan kepenulisan dan didasarkan pada kenyataan bahwa setiap komunikasi yang bermediakan bahasa ( baik tulis maupun lisan ) bisa berjalan dengan baik apabila individu tersebut memahami aspek-aspek kebahasaan. Tanpa mempunyai pemahaman yang baik terhadap aspek kebahasaan, komunikasi bisa berlangsung, tetapi aspek komunikatif tidak terjalin dengan baik. Oleh karena itu, penguasaan aspek kebahasaan menjadi syarat dasar untuk bisa menulis karya ilmiah dan ilmiah populer dengan efektif.

Budaya menulis menjadi identitas yang melekat pada kalangan akademisi dan intelektual. Mahasiswa dan ketrampilan menulis menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dalam setiap kegiatan, mahasiswa tidak bisa lepas dengan menulis, mulai dari menulis makalah, tugas kuliah, laporan, sampai penelitian tugas akhir kuliah, yaitu skripsi. Oleh karena itu, materi matakuliah Bahasa Indonesia ini lebih difokuskan pada komunikasi tulis.

BAB I ( BAHASA DAN BAHASA INDONESIA)

Di dalam bab ini teman-teman akan belajar tentang kelahiran dan pengertian Bahasa, fungsi bahasa , ragam bahasa , sejarah perkembangan bahasa tepatnya di Indonesia , dan pendalaman materi itu sendiri.

BAB II ( HURUF DAN TANDA BACA)

Dalam bab ini ada beberapa materi yang akan disampaikan yaitu mengenai pengertian huruf dan tanda baca, penggunaan huruf dan tanda baca.

BAB III (KATA,FRASA, DAN ISI)

Di bab selanjutnya yaitu berisikan pengertian kata dan frasa,jenis-jenis kata, jenis-jenis frasa, proses pembentukan kata , pilihan kata atau diksi.

BAB IV (KLAUSA DAN KALIMAT )

Di bab iv ini mengenai pengertian klausa dan kalimat, unsur-unsur kalimat , jenis-jenis kalimat , kalimat efektif.

BAB V (PARAGRAF)

dalam bab v teman-teman akan mempelajari tentang pengertian paragraf,jenis-jenis paragraf , syarat paragraf yang baik.

BAB VI ( MEMAHAMI MENULIS SEBAGAI KREATIVITAS MAHASISWA)

Sudah pasti seorang mahasiswa pasti lekat dengan yang namanya menulis dan dalam bab vi ini tmena-teman akan belajar tentang mahasiswa dan menulis, jenis-jenis karya tulis, penulisan ilmiah, penulisan sastra , penulisan ilmiah populer.

BAB VII (MODAL DASAR DALAM MENULIS)

Bab vii mengenai modal dasar dalam menulis jadi apa saja yang akan dipelajari yaitu bahasa, fenomena, Ilmu Pengetahuan.

BAB VIII (PROSES KREATIVITAS MENULIS MAHASISWA)

Dalam bab ini teme=an-teman akan mempelajari tentang penentuan ide-Gagasan dan masalah, pengempulan data, penulisan.

BAB IX ( MENULIS KARYA ILMIAH)

Bab ix membahas tenang memahami karyailmiah dan proses kreatifnya,jenis-jenis karya ilmiah, studi kasus penulisan makalah.

BAB X (MENULIS KARYA ILMIAH POPULER)

bab x mencakup tentang memahami karakteristik karya ilmiah populer, jenis-jenis karya ilmiah populer, studi kasus menulis esai.

BAB XI ( APRESIASI TERHADAP KARYA ILMIAH DAN ILMIAH POPULER)

Mencakup tentang sebagai tugas kuliah,publikasi pada media masa, strategi publikasi pada penerbit, publikasi melalui sayembara.

 

Dan saran untuk anda agar membeli buku kemahiran BERBAHASA INDONESIA ini secara langsung dan original bukan bajakan. Buku ini direkomendasikan untuk wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa , karena mahasiswa selalu lekat dengan membaca dan menulis.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *