ASIMA CHATTERJEE GOOGLE DOODLE 23 SEPTEMBER 2017

bacasantai.com Google pada halaman utamanya hari ini 23 September 2017 menampilkan kembali google doodle yang dihiasi oleh sosok wanita yang berkacamata tampak sedang memejamkan mata.Jika kita lihat lebih jelas terdapat lambang struktur molekul kimia yang disusun membentu sebuah kata “Google”.

Sosok wanita berkacamata tersebut adalah Asima Chatterjee, Seorang wanita yang berasal dari India berprofesi sebagai ahli kimia. Asima Chatterjee lahir pada tanggal 23 september 1917 di Bengal. Asima Chatterjee menghabiskan masa mudanya di kolkata untuk bersekolah dan setelah itu melanjutkan studi kuliahnya di Scottish Chirch College, Universitas kolkatas dan Asima Chatterjee lulus pada tahun 1936.  Asima Chatterjee mulai mengeluti karirnya dimana masa-masa seorang wanita masih jarang ditemukan memperdalam studi kimia. Tidak hanya itu, Asima Chatterjee kemudian juga menjadi wanita pertama di India yang meraih gelar Doctore of sciense, Hebat bukan ?

Dalam perjalanan masa studinya, Dr. Asima Chatterjee mempelajari tanaman-tanaman di India yang bisa digunakan untuk obat-obatan. Ternyata itulah makna dari hiasan-hiasan di google doodle tersebut. Penelitian yang dilakukan Dr. Asima Chatterjee sepanjang karirnya telah banyak menyumbang pada pengembangan obat-obatan pengobatan epilepsi dan juga malaria.

Hasil dari penelitian yang paling dikenal adalah penemuan alkaloid vinca, yaitu senyawa alkaloid dari tanaman bunga vinca yang berguna untuk obat kemoterapu yaitu untuk membantu memperlambat atau bahkan menghentikan sel kanker agar tidak bertambah semakin banyak. Hasil dari Kerja keras dan pencapaian yang telah dilakukan Dr. Asima Chatterjee telah diakui oleh universitas-universitas di seluruh Dunia. Penghargaan juga telah diberikan kepada dirinya atas kontribusinya dalam dunia ilmu pengetahuan dan medis.

Dr. Asima Chatterjee juga pernah memperoleh penghargaan tertinggi Padma Bhushan yang diberikan oleh pemerintah India.Selain itu ia juga merupakan seorang wanita pertama yang memperoleh Shanti Swarup Bhatnagar Award di dalam bidang kimia. Dr. Asima Chatterhe mendirikan departemen Ilmu Kimia di Lady Brabourne College tahun 1940 dan juga ikut serta dalam mendidik genarasi-genarasi dan juga para ilmuwan kimia berikutnya di Indoa melalui sebuah institut riset.

Dr. Asima Chatterjee meninggal di kolkata pada 22 November 2006 tepatnya pada umur 89 Tahun. Untuk itu google melalui google doodlenya dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-100 dari sang ahli kimia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *